MOTIVASI HIDUP ISLAM

Visit Namina Blog

Friday 31 July 2015

SALING SHARE ILMU bukan untuk "Sok Alim". Tetapi Berharap Pahala Dakwah

Tetap semangat berdakwah, mungkin tidak disangka, satu share ilmu dan faidah ternyata bisa memberikan hidayah kepada seseorang, walau hanya sekedar menekan “share”. Tentunya dengan niat yang ikhlas
Tidak mesti jadi ustadz, hanya menunjukkan dan mengajak ke jalan Allah, insyaAllah mendapatkan pahala sebagaimana pelakunya.
Demikian juga share ilmu baik di dunia nyata maupun dunia maya. Semoga mendapat pahala MLM sampai hari kiamat.
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya (HR. Muslim)
.
Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan,
المراد أن له ثوابا كما أن لفاعله ثوابا …
دل بالقول، واللسان، والإشارة، والكتابة
“Maksudnya adalah baginya pahala sebagaimana pahala yang menerjakan…ia menunjukkan dengan perkataan, lisan, ISYARAT dan tulisan.” (Syarah Shahih Muslim)
.
Bukannya merasa “sok alim dan sok ustadz”, tetapi ini yang diharapkan
Terkadang terbetik bisikan “kamu juga banyak maksiat, jangan sok alim dan sok suci”
tetapi teringat perkataan ulama “Kalau menunggu suci sekali, tidak akan ada yang berdakwah”
.
Ibnu Hazm rahimahullah berkata,
ولو لم ينه عن الشر إلا من ليس فيه منه شيء ولا أمر بالخير إلا من استوعبه؛ لما نهى أحد عن شر ولا أمر بخير بعد النبي صلى الله عليه وسلم
“Seandainya yang melarang dari dosa harus orang yang tidak terlepas dosa dan yang memerintahkan kebaikan harus orang yang sudah melakukan kebaikan semua, maka tidak ada lagi yang melarang dari keburukan dan mengajak kebaikan kecuali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Akhlaq was Siyar hal. 252-253)
.
Jika harus menunggu jadi orang suci berdakwah, dakwah tak akan pernah ada, kita banyak-banyak berdoa dan memperhatikan:
.
1. Semoga Ikhlas ketika share ilmu
2. Berniat yang paling pertama mengamalkannya (terkadang kita PeDe share sesuatu setelah kita amalkan) dan memohon kepada Allah agar kita bisa mengamalkannya
3. Jauhkan riya dan tendensi dunia serta ketenaran
seandainya bukan karena amanah ilmiah, ingin rasanya menulis sesuatu tanpa mencantumkan nama penulisnya. Sebagai bentuk amanah ilmiah, cantumkan sumber tulisannya jika ada.
4. Tidak melupakan dakwah di dunia nyata, karena itulah dakwah yang lebih baik dan lebih prioritas, di keluarga dan sahabat di sekitar kita. Walaupun dakwah dunia maya juga boleh dan terkadang efektif
5. Tidak lupa berdoa agar dakwah kita berkah dan bisa diterima oleh manusia dengan mudah
Tetap semangat share ilmu di dunia nyata ataupun dunia maya dan tetap berdakwah, tentunya dengan memohon pertolongan Allah dan berhias dengan keikhlasan.
~SEMOGA BERMANFA'AT~

Share:

" MANFAAT WUDHU SEBELUM TIDUR "


.
Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda :
.
“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaaN suci (berwudhu ‘) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap :
.
Yaa ALLAH ampunilah hamba Mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.."
.
(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).
.
Berwuduh mempunyai manfaat yang sangat besar..
.
Bahkan ulama fikih menjelaskan hikmah wudhu sebagai sebahagian dari usaha untuk memelihara kebersihan fizikal dan rohani..
.
Sudah tentu setiap perintah ALLAH Subhanahu Wata'ala itu mempunyai hikma kebaikan disebaliknya..
.
Dalam sekali aktivitas berwudhu, lima pancaindera terkena semua tanpa terkecuali disapu oleh air wudhu..
.
Mata, hidung, telinga & seluruh kulit tubuh. Ini betul-betul luar biasa!..
.
SubhanALLAH..
.
~SEMOGA BERMANFA'AT~
Share:

JANGAN BERLEBIHAN DALAM BERSUCI


Dari Abdullah bin Mughaffal Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّهُ سَيَكُونُ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ قَوْمٌ يَعْتَدُونَ فِي الطَّهُورِ وَالدُّعَاءِ
“Akan muncul dari umatku sekelompok kaum yang berlebihan dalam bersuci dan berdoa.” (HR. Ahmad 20554, Abu Daud 96, Ibnu Majah 3864, Syuaib Al-Arnauth menilai hadis ini hasan).
Berikut Diantara Makna Berlebihan Dalam Bersuci
Pertama, mengulang-ulang gerakan wudhu lebih dari tiga kali. Misalnya, mencuci wajah lebih dari 3 kali, tangan lebih dari 3 kali, dst.
Dari sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan,
جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُهُ عَنِ الْوُضُوءِ، فَأَرَاهُ الْوُضُوءَ ثَلَاثًا ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: «هَكَذَا الْوُضُوءُ، فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا فَقَدْ أَسَاءَ وَتَعَدَّى وَظَلَمَ»
Suatu ketika datang seorang badui menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan bertanya tentang tata cara wudhu. Beliaupun mengajarinya tata cara wudhu 3 kali – 3 kali. Kemudian beliau bersabda,
“Seperti ini wudhu yang benar. Siapa yang nambahi lebih dari tiga, dia telah berbuat salah, melampaui batas, dan bertindak zalim.” (HR. Ahmad 6684, Nasai 140, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
Kedua, terlalu banyak menggunakan air
Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,
وأما الاعتداء في الوضوء فمعناه تجاوز الحد فيه بأن يسرف في استعمال الماء أو يزيد في عدد الغسل عن الثلاث، قال العيني في شرح أبي داود: وأما الاعتداء في الطهور أن يسرف في الماء، بأن يكثر صبه أو يزيد في الأعداد. انتهى.
Makna berlebihan dalam berwudhu adalah melampaui batas ketika berwudhu, dengan bersikap boros dalam menggunakan air atau mencuci lebih dari 3 kali. Al-Hafidz al-Aini mengatakan dalam Syarh Abu Daud,
‘Bentuk melampaui batas dalam bersuci adalah terlalu boros menggunakan air, misalnya banyak mengguyurkan air ke anggota wudhu atau mencuci anggota wudhu lebih dari bilangan (3 kali).’ (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 166197)
Kesalahan semacam ini, umumnya dilakukan oleh mereka yang terjangkiti penyakit was-was dalam beribadah. Karena itulah, islam mengajarkan kepada kita untuk berusaha menghindari penyakit ini.
Allahu a’lam

Share:

Tuesday 14 July 2015

Andai Kau Mau Renungkan Kaidah Ini Sebelum Memanfaatkan facebook




.

Saya pernah “merinding” ketika membaca kaidah yang disebutkan Ibnul Qayyim di bawah ini (dalam kitab  إغاثة اللهفان من مصايد الشيطان / Ighatsatul lahfaan min Mashaayidis-Syaithaan -download di sini- )

الشارع حرم الذرائع و إن لم يقصد بها المحرم لإفضائها إليه
Syariat mengharamkan segala sarana yang bisa mengantarkan pada hal yang haram, meskipun ketika memanfaatkan sarana tersebut “TIDAK DINIATKAN UNTUK BERBUAT HARAM“.

Renungkanlah kaidah di atas…

Boleh jadi, ketika kau memajang foto saudari kandung wanitamu, itu menjadi sebab teman-teman FB-mu yang lain melihat saudarimu itu!

Boleh jadi, ketika kau menautkan video (yang kau anggap bermanfaat) di wall FB-mu, sedangkan di dalamnya terdapat gambar wanita tidak memakai jilbab –dan ini terlarang dilihat secara syariat-, kau menjadi sebab orang lain melihat wanita-wanita itu. Padahal, mungkin kau telah tahu bahwa memandangi wanita bukan mahram adalah hal yang terlarang.

Dan masih banyak boleh jadi lainnya yang jika kau lakukan, kau menjadi sebab orang lain berbuat maksiat tanpa kau sadari.

Apa susahnya kau hapus lawan jenis dari facebookmu?

Apa susahnya kau hapus foto-foto dan gambar mahkluk bernyawa dari facebookmu?

Apa susahnya kau hapus teman-teman lamamu yang fasik, yang hanya memenuhi facebookmu dengan kata-kata “kotor” atau gambar-gambar tidak layak, sedangkan kau pun tidak menasehatinya? Bukankah selemah-lemahnya iman adalah  diam karena tidak berdaya, bukan diam mendiamkan? Padahal kau pun masih bisa berkomunikasi dengan kawanmu entah bertemu langsung, sms, email, atau pos. Maka, Demi Allah, meremove mereka bukanlah pemutusan silaturahmi…

Dan alhamdulillah…

Ketika kuremove banyak anggota keluargaku…

Tak satupun dari mereka yang menganggapku memutus silaturahmi…

Justru dengan meremove mereka itulah kesempatan untuk dakwah…

Menyampaikan ilmu… Menyampaikan dalil… kepada mereka…

Bahwa gambar makhluk bernyawa adalah haram...

Memajang foto anak, foto wisuda, foto keluarga untuk kenangan adalah haram…

Berkomunikasi dengan lawan jenis tanpa hajah adalah sarana menuju haram…

Sampaikan pada mereka dalil kalau kita jujur mau manfaatkan facebook untuk dakwah…

Ingat!

Dakwah adalah menyampaikan, bukan diam ketika kita melihat kemungkaran, sedangkan lisan kita masih mampu menyampaikan…

Dan ingat pula bahwa ustadz bukan dalil!

Maka, jangan kau bilang, “Bukankah ustadz A pajang foto anak, ustadz B pajang foto diri…?”

Karena dalil syar’i adalah Allah berfirman… Rasulullah bersabda… Bukan ustadz berkata….

Jangan ikuti ustadz, kecuali kalau membawa dalil…

karena…



وإذا الدعاوى لم تقم بدليلها بــالنص فهي على السفاه دليل

Jika para pendakwa tidak menopang argumentasinya dengan nash

Maka dia berada di atas selemah-lemahnya dalil

.

Renungkanlah kaidah di atas….

Agar kita bisa senantiasa berjalan di atas ilmu…

Jangan sampai kita merasa berilmu…

Namun ternyata kita bermaksiat tanpa kita sadari…

Dan jikalau kau ingin mengkritik risalahku…

Atau mencela ucapanku…

Renungkanlah dulu dan cobalah pahami dengan baik ucapan Ibnul Qayyim di atas, karena…

و كم من عائب قولا صحيحا و آفته من الفهم السقيم

Berapa banyak orang mencela ucapan yang benar…

Penyebabnya adalah pemahaman yang buruk…

sumber : http://alashree.wordpress.com/2010/05/08/sadduz-dzariah-ibnul-qayyim/
Share:

Total Pageviews