Breaking

Selasa, 27 Januari 2015

Januari 27, 2015

Bacaan Shalawat Nariyah Lengkap dan Manfaat Shalawat Nariyah

ALLOOHUMMA SHOLI SHOLAAT AN KAAMILAT AN WASALLIM SALAAMAN
T AAMMAN ALAA SAYYIDINA MUHAMMADINIL LADZII T ANHALLU BIHIL UQODU WA T ANFARIJU BIHIL KUROBU WA T UQDHOO BIHIL HAWAA- IJU WA


T UNAALU BIHIR- ROGHOO- IBU WA HUSNUL KHOWAAT IMI WA YUST ASQOL GHOMAAMU BI WAJHIHIL KARIIMI WA ALAA AALIHII WA SHOHBIHII FII KULLI LAMHAT IN WA NAFASIN BI ADADI KULLI MALUUMIN LAKA.
Art inya : Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kit a Nabi Muhammad SAW. Semoga t erurai dengan berkahnya
segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, t unaikan segala macam hajat , dan t ercapai segala macam keinginan dan husnul khot imah, di curahkan air hujan (rahmat ) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna it u juga t et ap t ercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, set iap kedipan mat a dan hembusan naf as, bahkan sebanyak penget ahuan bagiMu.

MANFAAT / KHASIAT / FAEDAH SHALAWAT NARIYAH
Oleh Syaikh Muhammad At T unisii, bahwa shalawat ini memiliki khasiat yang banyak sekali, lagi sangat menajubkan

Dimana sholawat t ersebut aspabila dibaca 11 kali pada set iap hari, maka Allah akan memudahkan rizqinya dan diangkat derajat nya dimat a masyarakat .
Apabila dibaca 31 kalipada set iap selesai sholat subuh, maka Allah akan memudahkan segala macam urusannya dalam set iap usahanya.
Apabila dibaca 90 kalipada set iap harinya maka Allah akan menghilangkan keduduknnya, dimudahkan rizqinya, dijauhkan dari segala penyakit , dibukakan pint u kebijakan, sehingga semua orang akan menaruh rasa senang kepadanya.
Apabila di baca 300 kali di dalam suat u majelis (secara bersama- sama), maka Allah akan mengabulkan hajat nya yang besar di samping it u akan di jauhkan dari marabahaya yang besar.
Dalam kit ab Khozinat ul Asror (hlm. 179) dijelaskan, “Salah sat u shalawat yang must ajab ialah Shalawat T af rijiyah Qurt hubiyah, yang disebut
orang Maroko dengan Shalawat Nariyah karena jika mereka (umat Islam) mengharapkan apa yang dicit a- cit akan, at au ingin menolak yang t idak disukai mereka berkumpul dalam sat u majelis unt uk membaca shalawat nariyah ini sebanyak 4444 kali, t ercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).
Shalawat ini juga oleh para ahli yang t ahu rahasia alam diyakini sebagai kunci gudang yang mumpuni:. .. Dan imam Dainuri memberikan
koment arnya: Siapa membaca shalawat ini sehabis shalat (Fardhu) 11 kali digunakan sebagai wiridan maka rizekinya t idak akan put us, di samping mendapat kan pangkat kedudukan dan t ingkat an orang kaya.

T ambahan : Sejarah Shalawat Nariyah (T api t idak t au benar/t idaknya) Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Syekh yang sat u ini hidup pada jaman Nabi Muhammad sehingga t ermasuk salah sat u sahabat nabi. Beliau lebih menekuni bidang ket auhidan.

Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras nabi dalam menyampaikan wahyu
Allah, mengajarkan t ent ang Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga


syekh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamat an dan kesejaht eraan unt uk nabi. Doa- doa yang menyert akan nabi biasa disebut sholawat dan syekh nariyah adalah salah sat u penyusun sholawat nabi yang disebut sholawat nariyah.

Suat u malam syekh nariyah membaca sholawat nya sebanyak 4444 kali.
Set elah membacanya, beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suat u majelis beliau mendekat i Nabi Muhammad dan mint a dimasukan surga
pert ama kali bersama nabi. Dan Nabi pun mengiyakan. Ada seseorang sahabat yang cemburu dan lant as mint a didoakan yang sama sepert i syekh nariyah. Namun nabi mengat akan t idak bisa karena syekh nariyah sudah mint a t erlebih dahulu.
Mengapa sahabat it u dit olak nabi? dan just ru syekh nariyah yang bisa? Para sahabat it u t idak menget ahui mengenai amalan yang set iap malam diamalkan oleh syekh nariyah yait u mendoakan keselamat an dan kesejaht eraan nabinya.

Orang yang mendoakan Nabi Muhammad pada hakekat nya adalah mendoakan unt uk dirinya sendiri karena Allah sudah menjamin nabi- nabiNya sehingga doa it u akan berbalik kepada si pengamalnya dengan keberkahan yang sangat kuat .

Jadi nabi berperan sebagai wasilah yang bisa melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya. Inilah salah sat u rahasia doa/sholawat yang t idak banyak orang t ahu sehingga banyak yang bert anya kenapa nabi malah didoakan umat nya? unt uk it ulah jika kit a berdoa kepada Allah jangan lupa
t erlebih dahulu bersholawat kepada Nabi SAW karena doa kit a akan lebih t erkabul daripada t idak berwasilah melalui bersholawat .
Inilah riwayat singkat sholawat nariyah.

Hingga kini banyak orang yang mengamalkan sholawat ini, t ak lain karena meniru yang dilakukan syekh nariyah. Dan ada baiknya sholawat ini dibaca 4444 kali karena syekh nariyah memperoleh karomah set elah membaca 4444 kali.

Jadi jumlah amalan it u t ak lebih dari it ba (mengikut i) ajaran syekh, Agar bermanf aat , membacanya harus disert ai keyakinan yang kuat , sebab Allah it u berada dalam prasangka hambanya. Inilah pent ingnya punya pemikiran yang posit if agar doa kit a pun t erkabul. Meski kit a berdoa t api t idak yakin (pikiran negat if ) maka bisa dipast ikan doanya t ert olak.



MP3 http://mcn11.music-clips.net/dym_down.php?id=a8b79e8062fbbfc2079c3bc4d8b8176e 

Sabtu, 10 Januari 2015

Januari 10, 2015

Kelebihan Dan Fadhilat Bulan Safar

Amalan-amalan sunat di bulan Safar adalah sama seperti amalan-amalan sunat di bulan-bulan lain.

Tiada amalan-amalan istimewa yang khas untuk bulan Safar yang menjadi amalan Rasulullah saw ataupun para sahabat mahupun salafus-soleh.

Kita dianjurkan untuk meningkatkan amalan-amalan baik dari hari ke hari tanpa mengira apa jua bulan dalam taqwim.

Tingkatkan mutu amalan-amalan fardhu dan tambah amalan-amalan sunat pada setiap masa seperti yang disarankan oleh Islam tidak kira di dalam bulan mana sekalipun.

Yang penting adalah niat yang disertakan keikhlasan.

Kepercayaan dan Amalan-amalan Khurafat

Walaupun sudah semakin kurang namun masih ada segelintir di kalangan masyarakat kita yang masih berpegang dengan kepercayaan dan amalan-amalan karut datuk nenek moyang kita yang entah dari mana asasnya.

Di antara kepercayaan dan amalan-amalan karut yang berlaku dan ada kaitan dengan bulan Safar itu ialah;

Rabu terakhir adalah hari malang

Biawak petanda celaka

Burung hantu petanda kemudharatan

Burung gagak petanda kematian

Bulan Safar adalah bulan bala

Kononnya untuk mengelakkan petanda-petanda buruk ini dari berlaku maka disunatkan mandi Safar, berpuasa dan membuat kenduri tolak bala khas di bulan Safar. Kepercayaan dan amalan-amalan di atas tadi adalah khurafat kerana tiada asas ataupun sumber rujukan dari mana asalnya.

Adapun ada hadis-hadis yang mengatakan tentang perkara-perkara tersebut adalah ditolak kerana ia adalah hadis palsu yang sengaja direka-reka dan sudah dinafikan oleh satu hadis shahih yang diriwayatkan oleh imam Bukhari;

Maksudnya;

Tiada jangkitan, tiada sial, tiada kemudharatan burung, tiada bala bulan Safar dan larilah engkau dari orang yang berpenyakit kusta seperti mana engkau lari dari singa.

Maka hukum berpegang dengan kepercayaan karut adalah ditolak. Jika ia berkaitan atau menyalahi akidah maka ia boleh membawa kepada syirik dan merosakkan iman. Apabila iman sudah rosak, maka ia akan mempengaruhi amalan maka amalan juga tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Beramal dengan perkara-perkara tersebut juga adalah ditolak kerana ia adalah bid’ah dhalalah. Maka beramal dengan perkara-perkara bid’ah dhalalah adalah haram hukumnya. Dan ada banyak lagi kepercayaan dan amalan-amalan yang karut berkaitan dengan bulan Safar ini mengikut kawasan-kawasan dan kaum-kaum tertentu.

Oleh itu ilmu agama yang berpandukan al-Qur’an dan as-Sunnah adalah neraca untuk menilai setiap sesuatu sama ada mengikut Syarak atau sebaliknya. Dalam memperbetulkan perlakuan segelintir umat di kalangan masyarakat Islam yang masih berpegang dengan kepercayaan dan amalan-amalan karut ini, maka pendakwah dan individu yang faham dan ingin membetulkannya hendaklah melengkapkan diri dengan ilmu agama dan methodologi dakwah itu sendiri agar kerja dakwah itu menjadi lebih berkesan dan lancar.


http://cahayapurnama.com/kelebihan-dan-fadhilat-bulan-safar/
Januari 10, 2015

DOA PERMULAAN BULAN SAFAR BESERTA TERJEMAHANNYA

 
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
 
 
DOA PERMULAAN BULAN SAFAR BESERTA TERJEMAHANNYA

 
 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَعُوْذُبِا اللهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ. وَأَعُوذُبِجَلاَلِكَ وَجَلاَلِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلاَلِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِي وَوَالِدَيَّ وَأَوْلاَدِيْ وَأَهْلِي وَأَحِبَّائِي. وَمَا تُحِيْطُ شَفَقَّهُ قَلْبِي مِنْ شَرِّ هَذِهِ السَّنَةِ وَقِنِي شَرَّمَا قَضَيْتَ فِيْهَا. وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ. يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ وَاخْتِمْ لِيْ فِي هَذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِاالسَّلاَمَةِ وَالعَافِيَةِ وَالسَّعَادَةِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلاَدِيْ وَلِلأَهْلِيْ. وَمَا تُحُوْطُهُ شَفَقَّهُ قَلْبِيْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.
 
<!–[if !supportLineBreakNewLine]–>
 
<!–[endif]–> 

“Aku berlindung dengan Allah dari kejahatan waktu ini dan penduduknya, dan aku berlindung dengan keagunganMU, Keagungan ZatMU dan Kesempurnaan Keagungan KesucianMU, agar menjauhkan diriku, kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, orang-orang yang aku sayangi dan sesiapa yang hatiku kasih kepadanya, dari keburukan tahun ini, dan selamatkanlah aku daripada kejahatan yang telah ENGKAU tetapkan dalam tahun ini dan jauhkanlah daripadaku keburukan bulan safar, wahai Allah Yang Mulia pandangan rahmatNYA dan tutuplah pada bulan dan saat ini dengan keselamatan, afiah dan kebahagiaan kepadaku kedua orang tuaku, anak-anakku dan sesiapa yang hatiku kasih kepadanya dan seluruh orang Islam”
 
<!–[if !supportLineBreakNewLine]–> <!–[endif]–> 
Al-Fadhil ,Ustazuna Muhadir bin Haji Joll as Sanariy Hafizhahullah, Safar 1433H
Tambahan :
SAFAR AL KHEIR…
 
Merupakan salah satu dari bulan2 sunnah (diisi dengan amalan2 sunnah) dan dinamakan oleh baginda Nabi saw sebagai Safar al Khair ( Safar bulan kebaikan)…
 
Kebanyakan dari umat2 yang terdahulu dimusnahkan pada bulan ini…
 
Antara amalan sepanjang hari di dalam bulan ini; dgn niat penjagaan dari mala petaka:
 
1) Syahadatain 3 kali
 
2) Istighfar 300 kali
 
3) Sedekah harian dengan niat supaya terangkatnya bala. Nabi saw pernah bersabda… Sesiapa yang memberitakan kepadaku tentang berakhir bulan Safar, maka disunatkan pada 27 Safar untuk menyembelih haiwan (lalu disedekahkan) ikhlas kerana Allah Taala.
 
4) al Fil dibaca 7 kali
 
5) Ayatul Kursiy 7 kali setiap hari.
 
 
 
ADAB RABU TERAKHIR BULAN SAFAR:
 
1) Syahadatain 3 kali
 
2) Istighfar 300 kali
 
3) Ayatul Kursiy 7 kali
 
4) al Fil 7 kali …. lalu diamalkan secara menyeluruh olehnya diri dan anggota keluarga…
 
 
Afdhalnya:


Pada waktu siang Rabu terakhir tersebut janganlan keluar dari rumah.
 
Kerana Sh Abdullah Faiz ad Daghestani qaddasaLLAHU sirrahu pernah berkata:
 
” Pada hari Rabu terakhir Safar, akan diturunkan 70 000 bala…. Sesiapa yang menjaga (seperti yang telah disebutkan tadi) insya Allah akan dipelihara Allah Taala…
 
Allahu Haq! Hidayah Seluruh Alam:
 
 
KAIFIAT SOLAT SUNAT RABU TERAKHIR BULAN SAFAR:
 
 
Berikut dimuatkan kaifiat dan fadhilat sembahyang pada hari Rabu khir Bulan Safar sepertimana yang al-faqir petik daripada Kitab Bada’uz Zuhur karangan al-‘Allamah Syeikh Wan Ahmad Bin Muhammad Zain Al-Fathani yang dihimpunkan semula oleh al-Marhum Tuan Guru Hj.Wan Mohd.Saghir Abdullah terbitan Khazanah Fathaniyyah cetakan 1997. Inilah dia amalan tersebut : -
 
1) Niat Solat sunat (Mutlak) 4 Rakaat.

2) Tiap-tiap rakaat selepas al-Fatihah membaca :-
a. Surah al-Kauthar (17x)
b. Surah al-Ikhlas (5x)
c. Surah al-Falaq (1x)
d. Surah an-Nas (1x)

3) Selepas solat bacalah doa ini :
 
بسم الله الرحمن الرحيم.
اَللّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى. وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ.
يَا عَزِيْـــزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ
إِكْفِنِي مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ
يَا مُحْسْنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ
يَا مَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ
بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللّهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ
أَكْفِنِي هَذَ اليَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِى
فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ
وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ
وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِا اللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ
وصلّى الله على سيّدنا محمّدٍ وعلى آله وصحبه وسلِّم
 
 
 
**mulakan adab doa dengan pujian kepada Allah kemudian apitkan dipermulaan doa dengan selawat atas Nabi Muhammad s.a.w dan apitkan akhir doa dengan selawat atas Nabi Muhammad s.a.w juga.
 
 
 
RUJUKAN :



1. Kitab Bada’uz Zuhur karangan al-‘Allamah Syeikh Wan Ahmad Bin Muhammad Zain Al-Fathani yang dihimpunkan semula oleh al-Marhum Tuan Guru Hj.Wan Mohd.Saghir Abdullah terbitan Khazanah Fathaniyyah cetakan 1997, m/s: 57 dan 58.
2. Tuhfatul Authan, Hj Ahmad bin Muhammad Said al-Linggi (Mufti Negeri Sembilan)
3. al-Bahjatul Mardiyyahas-Syeikh Muhammad bin Ismail Daud al-Fathani
 
SUMBER :

Januari 10, 2015

Keutamaan Bulan Shafar


Diasuh oleh Ustadz Abu Abdirrohman Yoyok Wahyu Nugroho
Tanya : “Adakah dalil-dalil yang menjelaskan adanya keutamaan bulan shafar dan amalan-amalan khusus yang dianjurkan di dalam bulan shafar ini ? Barokallohu fiikum.”
Jawab :
Tentang masalah ini, Syaikh Al-‘Allamah Shiddiq Hasan Khon rohimahulloh berkata :“Saya tidak mendapati adanya hadits tentang keutamaan bulan shafar atau celaan terhadapnya.” (Al-Mau’idzhoh Al-Hasanah, hal. 180)  
Yang beliau maksudkan adalah tidak adanya hadits shohih yang menjelaskan keutamaan bulan shafar dan juga amalan yang dianjurkan di dalamnya. Yang ada adalah hadits yang tidak shohih sebagai berikut : “Barangsiapa yang mengabarkan kepadaku dengan keluarnya bulan shafar, maka aku akan memberi kabar gembira kepadanya untuk masuk surga.”
Hadits tersebut adalah dho’if bila ditinjau dari sanad ataupun matannya, bahkan dinyatakan oleh Al-Imam Al-‘Iroqy rohimahulloh sebagai hadits yang maudhu’ (palsu) (lihat Al-Fawa’id Al-Majmu’ah (hal. 438) karya Imam as-Syaukani rohimahulloh, juga kitab Bida’ wa Akhtho’ Tata’allaqu bil Ayyam was Syuhur (hal. 251-252) karya Ahmad as-Sulami)
Disamping itu, tidak dinukilkan sedikitpun dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam tentang adanya amalan khusus yang dianjurkan beramal di bulan ini. Tetapi kalau kita perhatikan apa yang ada di umumnya masyarakat kita, akan kita dapati beberapa amalan aneh yang diyakini sebagai bagian dari agama islam. Diantaranya adalah :
Pertama : Meyakini adanya kesialan atau banyaknya bala’ (musibah) dengan bulan ini. Padahal keyakinan seperti ini adalah keyakinan masyarakat jahiliyyah quraisy yang kemudian dibatalkan oleh syari’at Islam. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada penyakit menular dan (tidak ada) Thiyaroh (merasa sial dengan sebab adanya burung tertentu atau hewan-hewan tertentu, edt.), dan tidak ada pula Hamah (merasa sial dengan adanya burung gagak, edt.), dan tidak ada pula (merasa sial dengan) bulan Shafar.” (HR Imam al-Bukhori no. 5757 dan Muslim no. 2220)
Kedua : Pada bulan ini, mengadakan acara ritual khusus pada hari Rebo Wekasan (bahasa Jawa). Rebo artinya hari rabu, wekasan artinya yang terakhir. Yakni acara ritual khusus yang dilakukan oleh sebagian masyarakat pada hari rabu terakhir di bulan shafar. Mereka meyakini (berdasarkan riwayat-riwayat yang palsu dan tidak ada asal-usulnya dalam syari’at agama ini, edt.) bahwa saat itu akan terjadi musibah atau malapetaka yang sangat besar.
Sehingga agar tidak tertimpa musibah, dianjurkan untuk melakukan sholat 4 (empat) rokaat, setiap roka’at membaca surat al-Fatihah, lalu membaca surat al-Kautsar 17x, lalu surat al-Ikhlash 5x, lalu surat al-Falaq dan an-Naas masing-masing 1x. Ada yang mengatakan dikerjakan hari selasa malam rabunya, atau pagi hari rabu di waktu dhuha, selesai sholat terus membaca doa-doa dan wirid buatan mereka, yang kalau kita perhatikan isinya mengandung kesyirikan dan kesesatan yang sangat banyak. (sumber amalan tersebut diambil dari kitab-kitab bid’ah penuh khurafat, seperti al-MujarobatKanzun Najah was Surur fii Fadhoilul Azmina was ShuharAl-Aurod al-Khowajah MughniddinAl-Jawahirul Khoms dan lain-lain, edt.)
Setelah selesai acara, terkadang mereka berkumpul-kumpul di masjid menunggu rajah-rajah (jimat) bikinan kyai mereka, lalu meletakkannya di gelas yang diisi air lalu meminumnya. Terus perayaan acara makan-makan, lalu berjalan di rumput-rumput dengan keyakinan agar sembuh dari segala penyakit, dan lain-lainnya.
Sungguh, ini semua adalah termasuk ritual jahiliyyah, yang munculnya karena kejahilan/kebodohan terhadap syari’at agama yang benar, lemahnya tauhid (keimanan), banyaknya ahli bid’ah dan para penyesat agama ini, berkembang suburnya kebid’ahan, serta sedikitnya para da’i yang menyeru kepada tauhid dan aqidah yang benar. (lihat Tahdzirul Muslimin ‘anil Ibtida’ fid Diin (hal. 281) karya Ibnu Hajar Alu Abi Thomi, Ishlahul Masajid (hal. 116) karya al-Qoshimi, dan Al-Bida’ al-Hauliyyah (hal. 126-132) karya Syaikh at-Tuwaijiry)
Demikianlah, berdasarkan uraian ringkas tersebut di atas, tidak ada keistimewaan khusus bulan shafar dan tidak ada pula amalan khusus yang mesti diamalkan sebagai ibadah sunnah di bulan ini. Adapun amalan-amalan yang bid’ah (yang tidak ada asalnya dari syari’at agama kita ini), wajib atas kita menjauhinya, biarpun masih banyak orang yang mengamalkannya. Kewajiban kita hanya mengingatkannya. Shahabat rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam yang mulia, yakni Ibnu Mas’ud rodhiyyallohu ‘anhu berkata : “Ittiba’-lah kalian (yakni ikutilah ajaran rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam), jangan berbuat bid’ah, sungguh telah cukup bagi kalian, semua bid’ah itu adalah sesat.” (lihat Kitabul Ilmi (54), Sunan Ad-Darimi (205),Ibnu Wadhoh (17), Ibnu Nashr (28), al-Mu’jamul Kabir (8770), Syu’abul Iman (2216) dan Dzammut Ta’wil (58) ) Wallohu a’lamu bis showab.
Januari 10, 2015

Benarkah Bulan Safar Membawa Sial?

Bulan Shafar merupakan bulan kedua dari penanggalan Hijriyah. Oleh sebagian ulama, bulan Shafar ini diberi julukan Shafarul Khair, artinya Shafar yang penuh kebaikan. Kenapa dinamakan demikian? Karena umumnya orang awam menyangka bahwa bulan Shafar adalah bulan sial atau penuh dengan bala (bencana). Sehingga untuk membuat rasa optimis umat Islam maka dinamakanlah Shafarul Khair. Sehingga bulan Shafar tidak terkesan menakutkan apalagi dipercaya sebagai bulan kesialan. Padahal setiap bulan-bulan Islam itu memiliki kekhususan dan keistimewaan sendiri-sendiri, demikian pula bulan Safar.
Pada dasarnya hari dan bulan dalam satu tahun adalah sama. Tidak ada hari atau bulan tertentu yang membahayakan atau membawa kesialan. Keselamatan dan kesialan pada hakikatnya hanya kembali pada ketentuan takdir Ilahi.
Pada masa jahiliyah, orang Arab beranggapan bahwa bulan Safar merupakan bulan yang tidak baik. Bulan yang banyak bencana dan musibah, sehingga orang Arab pada masa itu menunda segala aktivitas pada bulan Shafar karena takut tertimpa bencana. Begitu juga dalam amalan tradisi, banyak hitungan-hitungan yang digunakan untuk menentukan hari baik dan hari tidak baik, hari keberuntungan dan hari kesialan. Lalu bagaimana menurut syariah Islam?
Dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW meluruskan dan menjelaskan tentang hal-hal yang merupakan penyimpangan akidah itu. Rasulullah bersabda. “Tidak ada penularan penyakit, tidak diperbolehkan meramalkan adanya hal-hal buruk, tidak boleh berprasangka buruk, dan tidak ada keburukan dalam bulan Shafar.”
Kemudian seorang A’raby (penduduk pedesaan arab), bertanya kepada Rasulullah. “Wahai Rasulullah, lalu bagaimana dengan onta yang semula sehat kemudian berkumpul dengan onta yang kudisan kulitnya, sehingga onta tersebut menjadi kudisan pula?”
Kemudian Rasulullah menjawab dengan sebuah pertanyaan. “Lalu siapa yang menularkan (kudis) pada onta yang pertama?”
Ungkapan hadits laa ‘adwaa’ atau tidak ada penularan penyakit itu, bermaksud meluruskan keyakinan golongan jahiliyah. Pada saat itu mereka berkeyakinan bahwa penyakit itu dapat menular dengan sendirinya, tanpa bersandar pada ketentuan dari takdir ilahiyah.
Oleh sebab itu, untuk meluruskan keyakinan mereka, Rasulullah menjawab pertanyaan mereka dengan pertanyaan pula. Jika penyakit kudis onta yang sehat berasal dari onta yang sudah kudisan, onta yang kudisan dari yang lain, kemudian siapa yang menularkan penyakit kudis pada onta yang pertama kali terkena penyakit kudis?
Sakit atau sehat, musibah atau selamat, semua kembali kepada kehendak Allah SWT. Penularan hanyalah sebuah sarana berjalannya takdir Allah. Namun walaupun kesemuanya kembali kepada Allah, bukan semata-mata sebab penularan, manusia tetap diwajibkan untuk ikhtiar dan berusaha agar terhindar dari segala musibah. Dalam kesempatan yang lain Rasulullah bersabda. “Janganlah onta yang sakit didatangkan pada onta yang sehat”.
Dalam hadits yang lain disebutkan. “Larilah dari orang yang sakit lepra, seperti kamu lari dari singa.”
Maksud hadits laa thiyaarota atau tidak diperbolehkan meramalkan adanya hal-hal buruk adalah bahwa sandaran tawakkal manusia itu hanya kepada Allah, bukan terhadap makhluk atau ramalan. Karena hanyalah Allah yang menentukan baik dan buruk, selamat atau sial, kaya atau miskin.
Pada masa peradaban Jahiliyyah, mereka menggantungkan nasib baik dan nasib buruk pada kepakan sayap seekor burung. Jika mereka akan bepergian atau aktivitas yang lain, mereka melapaskan seekor burung. Apabila burung terbang ke arah kanan atau belok ke arah kanan, maka pertanda nasib baik dan mereka akan meneruskan perjalanannya. Begitu sebaliknya, jika burung yang dilepaskan terbang ke arah kiri atau belok kiri, maka pertanda nasib buruk dan mereka akan mengurungkan perjalanannya, karena mereka meyakini bahwa hal itu pertanda buruk.
Dalam hadits riwayat Imam Thobroni, Rasulullah SAW bersabda. “Tidak akan mendapat derajat tinggi orang pergi ke dukun, orang bersumpah untuk kepentingan pribadi, atau orang yang kembali atau tidak jadi bepergian karena ramalan.”
Maksud hadits walaa hammata adalah tidak baik dalam berprasangka buruk akan datangnya bencana atau musibah. Ketika itu orang Arab mempercayai, “Jika di malam hari ada burung hantu terbang di atas rumahnya, maka itu menandakan akan ada yang meninggal dunia.”
Mereka juga mempercayai, jika ada pembunuhan yang belum terbalaskan, kemudian malam harinya ada burung hantu yang terbang di atas rumahnya, itu menandakan ruh dari orang yang dibunuh belum bisa tenang, masih melayang-layang menuntut pembalasan. Pemahaman dan kepercayaan semacam ini amat sangat keliru, sehingga Rasulullah meluruskan dengan hadits diatas.
Walaa Shafara atau tidak ada keburukan dalam bulan Shafar. Hadits tersebut untuk mematahkan keyakinan yang keliru di kalangan jahiliyah. Mereka menganggap bahwa bulan Shafar merupakan bulan yang kurang baik, yang banyak musibah dan bencana, sehingga mereka menilai dan berprasangka buruk terhadap bulan Shafar.
Menurut Islam, semua bulan dan hari itu baik, masing-masing mempunyai sejarah, keistimewaandan peristiwa sendiri-sendiri. Jika bulan tertentu mempunyai sisi nilai keutamaan yang lebih, bukan berarti bualn yang lain merupakan bulan yang buruk. Misalnya, dalam bulan Romadlon ada peristiwa Nuzul al Qur’an dan Lailat al Qadar, dalam bulan Rajab ada Isra’ dan Mi’raj dan dalam bulan Rabi’ul Awwal ada peristiwa Maulid atau kelahiran Rasulullah SAW dan lain-lain.
Jikalau ada kejadian tragis atau peristiwa yang memilukan dalam sebuah bulan, itu bukan berarti bulan tersebut merupakan bulan musibah atau bulan yang penuh kesialan. Namun kita harus pandai-pandai mencari hikmah di balik peristiwa itu, dan amaliah apa yang harus dilakukan sehingga terhindar dan selamat dari berbagai musibah.
Imam Ibn Hajar Ash Shafii tentang Hari Nahas
Al Imam Ibn Hajar al Haitami pernah ditanya tentang bagaimana status adanya hari nahas yang oleh sebagian orang dipercaya, sehingga mereka berpaling dari hari itu atau menghindarkan suatu pekerjaannya karena dianggap hari itu penuh kesialan.
Beliau menjawab bahwa jika ada orang mempercayai adanya hari nahas (sial) dengan tujuan mengharuskan untuk berpaling darinya atau menghindarkan suatu pekerjaan pada hari tersebut dan menganggapnya terdapat kesialan, maka sesungguhnya yang demikian ini termasuk tradisi kaum Yahudi dan bukan sunnah kaum muslimin yang selalu tawakkal kepada Allah dan tidak berprasangka buruk terhadap Allah.
Sedangkan jika ada riwayat yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah bathil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelans, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini. (Fatawa Al Haditsiyah)
Kita semua yakin bahwa terjadinya musibah atau gejala alam yang menimpa manusia, bukan karena adanya hari nahas atau karena adanya binatang tertentu atau karena adanya kematian seseorang. Yang kita yakini adalah semua yang terjadi di alam ini adalah dengan takdir dan kehendak Allah.
Hari-hari, bulan, matahari, bintang dan makhluk lainnya tidak bisa memberikan manfaat atau madlarat (bahaya), tetapi yang memberi manfaat dan madlarat adalah Allah semata. Maka meyakini ada hari nahas atau hari sial yang menyebabkan seorang muslim menjadi pesimis, tentunya itu bukan ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah.
Semua hari adalah baik, dan masing-masing ada keutamaan tersendiri. Hari dimana kita menjaganya dan mengisinya dengan kebaikan dan ketaatan, itulah hari yang sangat menggembirakan dan hari raya buat kita. Seperti dikatakan oleh ulama Salaf, hari rayaku adalah setiap hari dimana aku tidak bermaksiat kepada Allah pada hari itu, dan tidak tertentu pada suatu hari saja.
Misteri Rabu Abeh (Rabu akhir Bulan Shafar)
Lalu bagaimana dengan Rabu Abeh yang sering kita dengar bahwa pada hari itu adalah hari yang penuh bala dan musibah, bahkan bala selama setahun penuh diturunkan pada hari Rabu tersebut?
Ketahuilah bahwa tidak ada satupun riwayat dari Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa Rabu akhir Shafar adalah hari nahas atau penuh bala. Pendapat di atas sama sekali tidak ada dasaran dari hadits Nabi Muhammad yang mulia. Hanya saja disebutkan dalam kitab Kanzun Najah wa as Suruur halaman 24, sebagian ulama Sholihin Ahl Kasyf (ulama yang memiliki kemampuan melihat sesuatu yang samar) berkata. “Setiap tahun turun ke dunia 320.000 bala (bencana) dan semua itu diturunkan oleh Allah pada hari Rabu akhir bulan Shafar, maka hari itu adalah hari yang paling sulit.”
Dalam kitab tersebut, pada halaman 26 dinyatakan, sebagian ulama Sholihin berkata. “sesungguhnya Rabu akhir bulan Shafar adalah hari nahas yang terus menerus.”
Pendapat ulama Sholihin di atas, sama sekali tidak memiliki dasar Hadits yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Oleh karena itu, jangan pesimis dan merasa ketakutan jika menghadapi Rabu Abeh. Sekali lagi harus diingat bahwa yang menurunkan bala’ dan membuat kemanfaatan atau bahaya adalah Allah SWT dan atas kehendakNya, bukan karena hari tertentu atau perputaran matahari.
Perlu diingat pula, perilaku pesimis yang diakibatkan adanya sesuatu, sehingga meninggalkan pekerjaan atau bepergian karena hari tertentu misalnya atau karena adanya burung tertentu lewat ke arah tertentu, itu dinamakan Thiyarah dan Thiyarah ini jelas-jelas diharamkan karena itu adalah kebiasaan orang jahiliyah.
Bahkan kalau kita mau bersikap obyektif, ternyata hari Rabu adalah hari yang penuh keberkahan. Seperti diriwayatkan oleh Imam al Baihaqi dalam Syu’ab al Iman, bahwa doa dikabulkan pada hari Rabu setelah Zawaal (tergelincirnya matahari).
Demikian pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Jabir Ibn Abdillah, bahwa Nabi Muhammad SAW mendatangi masjid al Ahzab pada hari Senin, Selasa dan Rabu antara Dzuhur dan Ashar, kemudian beliau meletakkan serbannya dan berdiri lalu berdoa, Jabir berkata. “Kami melihat kegembiraan memancar dari wajah Beliau.” demikian disebutkan dalam kitab-kitab sejarah (Kanzun Najah wa al Surur 36)
Kalau kita menganggap bahwa hari Rabu Abeh adalah hari penuh bala, lalu bagaimana dengan hari lainnya? Padahal jika Allah berkehendak menurunkan azab atau bala tidak akan menunggu hari-hari tertentu yang dipilih dan ditentukan oleh manusia. Tapi Allah dengan kekuasaannya dapat bertindak dan berbuat sekehendak-Nya.
Maka seharusnya kita waspada dengan kemurkaan Allah setiap hari dan setiap saat, sebab kita tidak tahu kapan bala itu akan turun. Maka perbanyaklah istighfar, bertaubat dan mengharap rahmat Allah, sebagaimana Rasulullah beristighfar seratus kali setiap hari. Inilah teladan kita, tidak menunggu hari atau bulan tertentu saja untuk Istighfar dan bertaubat.
Hal serupa sering kita dengar, bahwa sebagian orang tidak mau melakukan pernikahan pada bulan Syawal, takut terjadi ini dan itu yang semuanya tidak ada dasar hukum yang jelas. Budaya ini berawal pada zaman Jahiliyah, disebabkan pada suatu tahun, tepatnya bulan Syawal, Allah menurunkan wabah penyakit, sehingga banyak orang mati menjadi korban termasuk beberapa pasangan pengantin, maka sejak itu mereka kaum jahilin tidak mau melangsungkan pernikahan pda bulan Syawal.
Jadi, jika zaman sekarang ada seseorang tidak mau menikah pada bulan Syawal karena takut terkena penyakit atau musibah atau tidak punya anak, ketahuilah bahwa dia telah mengikuti langkah kaum jahiliyyah. Hal itu bukanlah perilaku umat Nabi Muhammad SAW. Sayyidah Aisyah RA bahkan menentang budaya seperti ini dan berkata. “Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada bulan Syawal, maka siapakah dari isteri beliau yang lebih beruntung daripada saya,”


http://mukzizatislam.blogspot.com/2012/11/benarkah-bulan-safar-membawa-sial.html