MOTIVASI HIDUP ISLAM

Visit Namina Blog

Monday 31 August 2015

- Antara Perbuatan dan Iman -


oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah
أعمال الجوارح هل تعتبر كمالاً للإيـمان أو تعتبر كصحة للإيـمان؟
“Amal-amal anggota badan apakah ia termasuk penyempurna iman ataukah dianggap sebagai penentu keabsahan iman?”
Beliau menjawab :
أعمال الجوارح فيها ما هو كمال للإيـمان، وفيها ما تركه منافٍ للإيـمان، والصواب أن الصوم يكمل الإيمان، الصدقة من كمال الإيمان وتركها نقص في الإيـمان وضعف في الإيـمان، ومعصية، أما الصلاة فالصواب أن تركها كفر أكبر، نسأل الله العافية، وهكذا كون الإنسان يأتي بالأعمال الصالحات، هذا من كمال الإيـمان، وكونه يكثر من الصلاة ومن صوم التطوع، ومن الصدقات، هذا من كمال الإيـمان، مما يقوى به إيـمانه.
Amal-amal anggota badan itu ada yang termasuk penyempurna keimanan dan ada juga yang apabila ditinggalkan menafikan iman. Pendapat yang benar bahwa puasa merupakan penyempurna iman, sedekah juga penyempurna iman, sehingga meninggalkannya menyebabkan cacatnya iman, melemahkan iman, dan suatu perbuatan maksiat.
Adapun sholat, maka pendapat yang benar adalah apabila ia ditinggalkan maka itu adalah kekafiran akbar/mengeluarkan dari Islam, kita mohon kepada Allah keselamatan. Demikianlah, semestinya orang itu melakukan amal-amal salih, ini adalah bagian dari penyempurna keimanan. Begitu pula apabila dia memperbanyak sholat sunnah dan puasa sunnah. Demikian pula memperbanyak sedekah. Ini semua adalah penyempurna iman, dan akan memperkuat keimanan dirinya.
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Archive